-->

Sunday, August 2, 2015

Cegah Penyakit Anjing Di Musim Hujan


Di musim hujan ada beberapa penyakit yang sering mampir menyerang anjing, biasanya di sebabkan oleh jamur bakteri, dan virus karena, udara lembab di musim hujan dapat menyuburkan pertumbuhan jamur, bakteri dan virus. Waspadai beberapa penyakit anjing ini:

Diare yang kadang disertai muntah dan berkurangnya nafsu makan karena jamur, bakteri dan virus menyerang organ pencernaan. Anjing yang sudah terserang diare lebih dari 2 hari sebaiknya diperika oleh dokter hewan. Anda juga dapat memberi obat - obatan yang terbuat dari bahan alami seperti daun jambu biji atau kunyit. Cegah dengan menjaga keseimbangan flora di dalam pencernaan. Berikan Yoghurt secara teratur setiap harinya. Yoghurt mengandung bakteri baik sehingga dapat membunuh bakteri jahat di dalam pencernaan.

Penyakit kulit paling banyak disebabkan oleh jamur. Anjing akan merasa gatal sehingga perlu menggaruk, akibatnya kulit menjadi luka sehingga pterbuka peluang bagi bakteri dan virus untuk menyerang. Cegah dengan menjaga kondisi kulit dan bulu pendek sebaiknya taburkan bedak lalu sikat sampai bulu terbebas dari bedak atau bisa juga bulu dan kulit di lap dengan cairan disinfektan setiao hari. Pemberian bedak juga bisa diterapkan pada anjing yang berbulu panjang. Setelah ditabur bedak, kulit dan bulu diblow dengan hair dryer, atau semprot cairan disinfektan menggunakan sprayer, tidak perlu basah kuyup cukup dipermukaan bulu saja. Mandikan anjing dengan shampoo yang memiliki formula anti jamur dan anti bakteri. Sebaiknya jika anjing diberi Dog Food pilihlah Dog Food yang menggunakan protein dari daging domba, karena dapat mencegah penyakit kulit dibanding daging ayam atau sapi.

Pneumonia atau radang paru - paru terutama pada anakan anjing, tapi anjing dewasa juga tetap beresiko. Anjing yang terserang biasanya adalah anjing yang sering berbaring dilantai keramik dan terkena angin dingin. Cegah dengan memberikan alas pada kandang anjing dan hindari terkena angin terutama pada malam hari. Jemur dan ajak anjing bermain pada saat matahari terik.

Distemper dan Parvovirus adalah penyakit yang bisa menyerang anjing anakan dan dewasa terutama saat daya tahan tubuh sedang lemah, Cegah dengan memberi vaksinasi yang diulang setiap tahun. Untuk menjaga daya tahan tubuh, Anjing harus diberi nutrisi yang lengkap dan seimbang. Penambahan multivitamin pada musim hujan sangat di anjurkan terutama disaat hujan datang tiap hari.

Berikut adalah di atas mengenahi cara Cegah Penyakit Anjing Di Musim Hujan, sekiranya segitu saja admin memberikan tips untuk mencegah penyakit pada hewan kesayangan anda disaat musim hujan datang.
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
NEXT ARTICLE Next Post
PREVIOUS ARTICLE Previous Post
 

Delivered by FeedBurner